‘Menutup 2020 dan Menyambut 2021’

 HKBP Yogyakarta,

Suatu Renungan Minggu - Akhir Tahun 2020

HKBP Resort Yogyakarta

‘Menutup 2020 dan Menyambut 2021’

Saudara-saudari yang dikasihi oleh Yesus Kristus. S’lamat Natal 2020 dan S’lamat (Menyambut) Tahun Baru 2021 sebagai tahun rahmat yang baru bagi kita semua. Semoga kita semua menjadi pribadi yang mampu membawa perubahan untuk menjadi sahabat bagi orang lain di tengah dunia yang tergoda untuk saling membenci. Kini kita sedang berada di penghujung tahun 2020 dan (hendak) memasuki 2021. Marilah bersyukur atas penyertaan TUHAN yang memperkenankan kita menjalani tahun 2020 yang sarat “penderitaan” karena dampak pandemi global (covid-19) yang memukul keras berbagai sendi kehidupan (sosial, politik, ekonomi, budaya/agama) bangsa-bangsa di dunia. Untuk menghadapi/mengatasi dampak covid-19, kita umat yang rapuh dan ringkih ini butuh kebersamaan dan solidaritas. Karena itu, marilah juga melawan ‘virus ketidak-pedulian’.

Dalam konteks bangsa Indonesia, kita bersyukur kepada TUHAN yang menyertai bangsa kita kendati banyak tantangan dan ketegangan sosial, politik, dan ekonomi. Kita juga bersyukur atas terlaksananya dengan relatif baik rangkaian pilkada serentak pada tanggal 9 Des’ 2020 di 270 daerah (9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota) untuk periode 5 tahun kepemimpinan setempat. Para pemimpin daerah dan juga para wakil rakyat yang ditetapkan, kita yakini sebagai para pelayan masyarakat yang dipercaya oleh rakyat untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita berharap, Indonesia semakin dimampukan menghadapi dan mengatasi tantangan dan keprihatinan kita bersama, yakni: (a) Kemiskinan dan Ketidak-adilan (b) Sektarianisme/ Intoleransi; (c) Korupsi; (d) Hoax dan ujaran kebencian; dan (e) Krisis Ekologis.

    Dalam konteks oikumenis gerejawi, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Wali-Gereja Indonesia (KWI) telah menetapkan Tema Natal Nasional 2020: “... Dan Mereka Akan Menamakan-Nya Imanuel (Matius 1:23). Tema Natal ini dipilih terutama untuk merespons realitas yang sedang terjadi dalam kehidupan sosial di tengah keraguan dan kegelisahan yang mengancam proses kehidupan kita bersama di wilayah NKRI di masa wabah virus corona ini dan juga karena berbagai tantangan di depan mata, a.l. intoleransi; ujaran kebencian; politik identitas. Natal 2020 kali ini menyerukan supaya umat menjunjung solidaritas dengan mengandalkan kuasa Tuhan Yesus, Sang Imanuel - telah berjanji menyertai kita sampai akhir segenap zaman (Mat 28:20b).

    Dalam konteks (Gereja) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), kita bersyukur kepada TUHAN yang berkenan menyertai majelis dan warga HKBP yang telah melaksanakan periodisasi pengurus/pelayan mulai dari tingkat Huria, Resort, Distrik, dan Pusat. Secara khusus, kita bersyukur kepada TUHAN yang berkenan menyertai HKBP di era pandemi covid-19 untuk menyelenggarakan Sidang Sinode Agung HKBP – secara ragawi (non-virtual) - pada tanggal 9-13 Desember 2020 yang telah memilih dan menetapkan Pimpinan HKBP (Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen) dan Praeses Distrik untuk periode 2020-2024. Doa dan harapan kita kiranya TUHAN memampukan HKBP membarui diri (transformasi) dalam hal bersekutu, bersaksi, dan melayani ke arah yang lebih benar, baik, dan relevan. Sebagai bagian dari Gereja Reformasi yang turut menganut prinsip Ecclesia Reformata Semper Reformanda Est, HKBP dipanggil senantiasa membarui diri dalam melaksanakan tri-tugas panggilan gerejawi untuk bersekutu (koinonia), bersaksi (marturia), dan melayani (diakonia) supaya relevan agar – HKBP Menjadi Berkat Bagi Dunia - seturut visinya. Mari semakin sadar konteks dalam era teknologi digital yang kita yakini sebagai suatu karunia dari TUHAN zaman ini dan menjadi ‘ruang baru’ yang mesti kita isi untuk mengabarkan Injil Kristus secara baru melalui gadget masing-masing agar semakin terwujud keadilan (justice), perdamaian (peace), dan keutuhan ciptaan (integrity of creation). Salam Natal 2020 dan Salam Tahun Baru 2021. *AAZS*.

wajah web201903

Login Form