Keselamatan Dari TUHAN

 

HKBP Yogyakarta,

Khotbah Minggu XVIII Setelah Trinitatis 03 Oktober  2021

KESELAMATAN DARI TUHAN

(IBRANI 2 : 1 – 4 )

Saudara – saudari yang dikasihi dan yang mengasihi Tuhan kita Yesus Kristus, Melalui Firman Tuhan yang direkam dalam Surat Ibrani 2:1-4, memberi kita didikan, ajaran dan nasihat, di antaranya: Bahwa kita harus lebih teliti dalam memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus dan tenggelam ditelan badai dan gelombang. Bahwa kalau firman yang dikatakan dengan perantaraan para malaikat tetap berlaku, dan setiap pelanggaran dan kemudian ketidaktaatan mendapat balasan yang setimpal, bagaimana kita akan luput, apabila kita menyia-nyiakan keselamatan yang sebesar itu? Pada hal Allah sudah meneguhkan kesaksian mereka dengan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan dengan beragam penyataan kekuasaan dan karunia Roh Kudus. Yaitu tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karunia yang dibagi-bagikan-Nya kepada kita menurut kehendak-Nya.Karenanya, hendaklah kita mempelajari dan mengindahkan Firman Tuhan yang sudah kita dengarkan. Hendaklah kita semakin setia menerima, percaya dan melaksanakan Firman-Nya dengan setulus hati dan segenap jiwa. Dengan demikian, maka kita tidak akan goyah dan tidak hanyut di bawa arus dan tidak diombang-ambingkan gelombang yang tidak tentu arahnya. Dengan perkataan lain, kita harus peduli, lebih peduli dan sangat peduli terhadap Injil Firman Tuhan yang membawa sukacita dan damai sejahtera. Karenanya, kita harus teliti, lebih teliti dan sangat teliti dalam mempelajari Firman Tuhan. Kita harus dengan cermat, lebih cermat dan sangat cermat dalam merenungkan Injil Kerajaan Allah. Kita harus dengan sukacita melaksanakan firman dan perintah-Nya dengan baik, lebih baik dan sangat baik.

Saudara-saudari yang dikasihi dan mengasihi Tuhan kita Yesus Kristus, kepada kita masing-masing melalui firman ini hendak disampaikan/ditanyakan : Apakah hari-hari ini kita semakin giat untuk menerima firman Tuhan ? Apakah kita semakin teguh dan kokoh menyakini dan mengimani firman Tuhan yang dari dulu, sekarang dan sampai masa y ang akan datang; akan terus diperdengarkan kepada kita? Apakah kita semakin mengasihi Allah dalam Kristus Yesus ditengah segala tantangan; peluang, kesempatan dan pergumulan – pergumulan kita hari ini ?. Apakah di dalam masa pandemi covid -19 ini, kita semakin menyandarkan kehidupan kita pada Tuhan dan firmanNya ? Dalam Surat Ibrani 2:2. Tuhan berfirman: “Sebab kalau firman yang dikatakan dengan perantaraan malaikat-malaikat tetap berlaku, dan setiap pelanggaran dan ketidaktaatan mendapat balasan yang setimpal,” Di sini dengan jelas menyatakan  bahwa Firman Tuhan yang disampaikan melalui perantaraan malaikat-malaikat yang diutus-Nya masih berlaku, bahwa setiap pelanggaran dan ketidaktaatan  mendapat balasan yang setimpal. Apabila demikian terjadi, lantas bagaimana dengan keselamatan yang datang dari Yesus Kristus, Mesias dan Juru Selamat kita? Akankah kita menyia-nyiakan keselamatan di dalam Yesus Kristus  yang adalah wujud dan cara Allah untuk mengasihi kita dan kesempatan inilah yang terakhir sekali? Sesungguhnya, Allah sebagai Hakim Agung, dapat mengutus para malaikat-Nya mengumpulkan semua orang dan mengadili setiap pelanggaran mereka dan ketidaktaatan mereka terhadap hukum Taurat, kemudian memberikan balasan yang setimpal dengan perbuatan mereka.

        Surat Ibrani 2:4. Alkitab menyatakan kepada kita: “Allah meneguhkan kesaksian mereka oleh tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karunia Roh Kudus, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya.”Sungguh! Tuhan Allah meneguhkan kesaksian mereka sebagai saksi-saksi Kristus Yesus, Tuhan kita. Suatu kesaksian yang dikuatkan dan diteguhkan dengan tanda-tanda dan mujizat-mujizat-Nya yang dahsyat dan ajaib. Oleh berbagai penyataan kekuasaan dan karunia Roh Kudus, Tuhan Allah kita meneguhkan kesaksian mereka. Semuanya sudah dinyatakan dan dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya dan kelimpahan kekayaan kerelaan-Nya. Dengan berbagai tanda; mujizat; pernyataan Roh Kudus, dan bahkan karunia-karunia itu; sesungguhnya untuk menolong kita agar sungguh-sungguh percaya dan menerima keselamatan itu, dan sungguh-sungguh hidup di dalamnya; dan teguh mempercayai dan menghidupinya sampai kemuliaan, kekuasaanNya dinyatakan pada masa yang akan datang. Oleh karena itu, janganlah kita menyianyiakan kesempatan ini yang akan membawa kita kepada kehidupan bersama Yesus Kristus, firman yang menjadi manusia, cinta kasih Allah bagi kita. amin. BWP hkbpjogja.org

wajah web201903

Login Form