AKU adalah ‘Alfa dan Omega’

Renungan Minggu I Trinitatis, 23 Juni 2019

AKU adalah ‘Alfa dan Omega’
(Wahyu 22:12-17)

     Saudara-saudari yang dikasihi oleh Yesus Kristus. Seiring dengan perayaan Liturgi/Kalender Gerejawi, kini kita sedang dan akan menghayati Minggu-minggu Trinitatis (Trinitas) bahkan sampai 23 Minggu pada tahun ini dengan tutup altar berwarna Hijau. Warna Hijau melambangkan kehidupan, semangat, dan harapan baru bagi orang beriman setelah perayaan Pencurahan Roh Kudus pada Hari Raya Pentakosta. Minggu Trinitatis hendak menghayati karya ke-tritunggalan Allah (Hasitolusadaon ni Debata) yaitu Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Sekadar info bahwa istilah ‘trinitatis’ (trinity) tidak ditemukan dalam Alkitab. Istilah ‘trinitatis’ awalnya diperkenalkan oleh Tertullianus (*160 - †220) - seorang bapa gereja, teolog dari Tunisia, Afrika Utara - untuk membantu pemahaman umat Kristen dan pendengar pada zamannya dan juga kita kini yang, a.l. mengajarkan bahwa Allah itu Esa, berkarya melalui ‘tiga cara’ dinamis di dalam nama Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Dalam Katekismusnya, Martin Luther (1483-1546) menjelaskan karya Allah Bapa yang mencipta, Allah Anak yang menebus dan Allah Roh Kudus yang membarui ciptaan. Melalui Roh Kudus, dinyatakanlah kehadiran dan kegiatan Allah yang terus-menerus di dunia dan di antara umat. Roh Kudus itu menaungi dari atas, menuntun dari samping, dan mendukung dari dalam hati umat beriman. Roh Kudus diyakini sebagai tanda baru dan lanjutan penyertaan TUHAN bagi umat.
     Saudara-saudari, nas renungan minggu ini diacu dari Kitab Wahyu yang bagi banyak orang mengalami kesulitan memahaminya. Inti Kitab Wahyu adalah Yesus Kristus yang bergelar Anak Domba, Sang Awal dan Akhir, Alfa dan Omega, Yang Ada dan Yang sudah Ada, dan Yang akan datang, Yang Mahakuasa, Tunas Daud, Sang Bintang Timur (Why 1:8; 21:6; 22:13,17). Gelar Yesus menunjuk peran-Nya secara ilahi. Yesus - Sang Alfa dan Omega - bersabda: "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir" (Why 22:12-13). Alfa dan Omega adalah huruf pertama dan terakhir dalam abjad Yunani. Secara teologis, ungkapan ‘Alfa dan Omega’ menunjuk pada tahap sejarah sejak awal hingga akhir dari segala yang ada. Peran Yesus adalah sempurna, termasuk menaklukkan maut dan ‘kerajaan iblis’ (civitas diaboli). Yesus telah bertakhta dalam Kerajaan Allah (Civitas Dei) dan layak menerima kuasa, hikmat, kekuatan, hormat, kemuliaan dan pujian kekal.
     Saudara-saudari, konteks nas renungan ini berkait dengan keselamatan dari Allah yang mencipta langit dan bumi baru yang juga disebut Yerusalem baru, di mana tidak ada lagi air mata, derita, dan maut. Diungkap juga bahwa keselamatan sorgawi itu ‘berwawasan lingkungan hidup’ (Why. pasal 21-22). Di dalamnya, antara lain tergambar air kehidupan yang jernih bagaikan kristal, mengalir dari takhta Allah dan Anak Domba (Yesus) sebagaimana dinubuatkan para nabi sebelumnya (Yoel 3:18; Yeh. 47:12; bnd. Yer 2:13; Mzm. 46:5; 36:10). Bahkan ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah tanpa henti; daunnya dipakai ‘menyembuhkan bangsa-bangsa’ (Why. 22:1-2; Kej 2:9; Yoel 1:14; 2:15). Air kehidupan dalam hal ini menunjuk pada Yesus dan Roh Kudus untuk pembaruan ciptaan. Sebagaimana tidak suatu pun yang cemar dapat masuk kedalam kota ‘Yerusalem baru’, demikian juga tidak ada seorang terkutuk pun yang dapat tinggal dalam aliran sungai kehidupan, termasuk pecinta dan pelaku kebohongan (hoax). Yang berhak atas ‘pohon-pohon dan air kehidupan yang gratis’ adalah yang ‘membasuh jubahnya’, hidup saleh, dan setia pada Tuhan. Dan semua kita turut diundang untuk bergabung menerima ‘air kehidupan’ sebagai anugerah, gratia, gratis (Why. 22:14-17).
     Karena itu, dalam pergumulan hidup kita berjemaat dan bermasyarakat di era teknologi digital ini, marilah memelihara cara hidup kudus dan membuang dusta (hoax) agar hidup kita semakin berpadanan dengan panggilan suci yang kita terima dari Allah karena iman dan rahmat dalam Yesus Kristus yang memberi kita jaminan berkat dan kehidupan. Salam. *AAZS*

wajah web201903

Login Form