Waspadalah, Jangan Sesat

HKBP Yogyakarta,

Khotbah Minggu XXIV Setelah Trinitatis14 Nopember 2021

WASPADALAH, JANGAN SESAT

(MARKUS 13 : 1 - 8)

Saudara-saudari yang dikasihi oleh Tuhan kita Yesus Kristus, banyak kota-kota besar di berbagai Negara saat ini yang memperlihatkan identitas kemajuan kemodernan dengan gedung-gedung yang tinggi, bahkan gedung-gedung percakar langit, berlomba untuk memiliki gedung tertinggi di dunia. Bahkan keindahan gedung-gedung yang tinggi itu telah menjadi penarik wisatawan untuk berkunjung menikmati keindahannya. Berjuta-juta mata terpesona dengan sangat kagum akan keindahan dan kemegahan gedung-gedung pencakar langit. Hal yang sama juga dirasakan oleh para murid Tuhan Yesus, berkenaan dengan keindahan Bait Suci dan bangunan-bangunan lainnya. Tetapi Tuhan Yesus mengingatkan, bahwa semuanya itu akan berlalu, tidak satu batupun akan dibiarkan terletak diatas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan. Bagaimanapun keindahan dan kecanggihan yang dibuat oleh manusia, semuanya ada limit atau batasannya.Semuanya itu akan runtuh pada waktu yang telah ditentukan oleh Tuhan. Bahkan kita pun semampu dana yang kita punya akan berusaha membangun rumah seindah mungkin. Tetapi itupun semuanya akan hancur dan berlalu.

Yang hendak dikatakan oleh Firman Tuhan bagi kita saat ini, bahwa tidak ada sesuatu apapun yang kekal di dunia ini. Semuanya akan berakhir dan berlalu dan akan datang langit dan bumi yang baru (Yes. 65:17; 2 Ptr. 3:13; Wahyu 21:1). Manusia dalam dunia ini tidak ada yang kekal, ketika kita lahir maka kita sedang menantikan akhir hari-hari kehidupan kita di dunia ini. Tetapi Tuhan adalah kekal, Dia adalah yang awal dan yang akhir, yang Pertama dan Yang Terkemudian (Wahyu 22:13). Bahwa Tuhan ada selama-lamanya. Maka orang-orang yang menerima kehidupan dari Tuhan, yang hidup dalam kebenaranNya akan bersama dengan Dia selamanya bersama dengan keabadianNya.

Tuhan Yesus mengingatkan pada kita tentang sikap yang  “waspada!”; penuh kehati-hatian, ketangkaan, kecermatan untuk memahami berbagai hal, supaya anugerah yang telah dikaruniakan Tuhan Yesus itu tidak hilang dari kita. Sebab akan ada banyak hal-hal dalam dunia ini yang membuat kita jauh dari kehidupan yang kekal itu. Seperti yang firman jelaskan kepada kita tentang : Akan ada penyesat! Bahwa iblis bekerja untuk menarik kita keluar dari anugerah Tuhan. Akan ada banyak pengajaran-pengajaran sesat yang mengatas namakan kuasa dan kebenaran Tuhan. Satu hal yang harus kita pertahankan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat yang ada dan sudah ada dan yang akan datang, Dia tidak pernah menentukan waktunya Dia datang untuk terakhir kalinya. Kita hanya berpengang teguh pada firmanNya untuk berwaspada. Akan ada keindahan dan kenikmatan dunia! Diperlihatkan dan ditawarkan pada kita yang dapat membawa manusia pada sikap mempercayakan hidup pada kekuatannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dari sisi negatif dapat membawa manusia untuk tidak lagi mempercayai kuasa dan keberadaan Tuhan yang menciptakan segala sesuatunya. Akan ada penderitaan! Perang dan bencana dari dahulu telah terjadi dan akan terus berlanjut. Itu adalah bentuk penderitaan yang dihadapi manusia. Konsekuensi kehidupan yang telah jatuh dalam dosa akan tetap kita rasakan dalam dunia ini. Bagaimana sebagai orang beriman kita mampu bertahan dalam kesusahan, pergumulan dan penderitaan selama kita hidup di dunia ini. Akankah iman kita tetap terbagun di atas dasar yang kuat walaupun kita menghadapi badai kehidupan yang amat dahsyat? Apakah kita akan menyerah pada keadaan atau bertahan dalam iman kepada Yesus Kristus Tuhan kita?. Mari kita terus memiliki hidup yang berjalan di jalan Tuhan, jangan sesat, dan kita memercayai bahwa kita akan hidup bersama dengan Tuhan Yesus Kristus. BWP hkbpjogja.org

wajah web201903

Login Form