MEGAHKANLAH TUHAN

 

Khotbah Minggu Setelah Tahun Baru, 02 Januari 2022

MEGAHKANLAH TUHAN

(Mazmur 147:12-20)

            Selamat hari Minggu setelah Tahun Baru buat Bapa/Ibu/saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan Yesus, masih dalam suasana Tahun Baru 2022; selayaknyalah kita dalam suasana silahturami untuk saling mendoakan; menopang serta mengangkat pujia-pujian pada TUHAN sang pemilik segala waktu dan kehidupan kita. kita telah memasuki hari ke-2 di Tahun 2022 ini, masih panjang jalan yang harus kita lalui, dengan tetap berharap dan bersandar pada kasih dan kebaikan TUHAN semata.

            Umat TUHAN, bacaan kita yang diambil dari Mazmur 147:12-20 berisi seruan dan ajakan untuk Sion: Megahkanlah TUHAN, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion. TUHAN harus dipuji dan diagungkan, bukan saja di Sion Yerusalem tapi juga di setiap kehidupan kita pada masa kini. Kata kerja yang didaftar oleh Pemazmur mulai ayat 13-19 menunjukkan betapa baiknya TUHAN kepada umat-Nya, betapa luar biasanya karya TUHAN. Gerbang Sion dimana Sion-Yerusalem mempunyai pintu-pintu gerbang sehingga penduduk Sion aman. Akan tetapi itu tidak akan membuat mereka benar-benar aman jika Allah tidak meneguhkan palang pintu gerbang mereka dan membentengi benteng-benteng mereka. Dengan demikian, kita bisa aman dan selamat sampai penghujung Tahun 2021; dan kini memasuki Tahun 2022; semata-mata hanya karena pertolongan TUHAN.

            Karya Allah diinventarisir dan dijelaskan di hadapan umat masa lampau dan umat masa kini, tentang betapa TUHAN akan memberkati anak-anakmu di antara Israel. Anak adalah berkat. Sungguh suatu penghiburan bagi orangtua untuk melihat anak-anak tumbuh dan diberkati dan suatu penghiburan bagi angkatan yang akan berlalu untuk melihat generasi penerus. Itu terjadi di Israel dan di kehidupan kita saat ini. Allah memberikan kesejahteraan dan mengenyangkan dengan gandum. Berkat-berkat jasmnih sepanjang tahun 2021 tak terbilang banyaknya, demikianlah keyakinan kita semua untuk menjalani kehidupan di Tahun 2022; bahwa berkat-berkat TUHAN juga akan melimpah bagi kita semuanya. Bahkan lebih dari pada itu, Ia juga berkenan memberkati kita dengan berkat-berkat Rohani; iman yang semakin bertumbuh dan tangguh, kasih yang terus mengalir dari TUHAN, untuk kita teruskan kepada sesama, pengharapan dan keyakinan akan janji-janji TUHAN, sukacita dan rasa syukur yang tiada habis-habisnya kita panjatkan kepada-Nya, serta kekuatan dan keteguhan kita untuk tangguh menghadapi berbagai situasi dan kondisi real pada hari-hari yang akan datang, TUHAN telah menguatkan kita di tahun yang lampau, kita yakin TUHAN juga akan menguatkan dan meneguhkan kita di masa yang akan datang.

Melihat, merasakan, menyakini dan menyaksikan semua itu, maka marilah seluruh umat TUHAN menaikkan pujian dan sembah syukur kita kepada-Nya. Di dalam seluruh kehidupan kita disepanjang Tahun 2022 yang sudah TUHAN anugerahkan kepada kita, kita diawali untuk memegahkan TUHAN, mengangungkan nama TUHAN, membuat nama TUHAN masyur dan indah serta berkumandang terus dalam seluruh kehidupan kita umat-Nya. Kalau TUHAN diagungkan, dimuliakan, megah di atas seluruh kehidupan kita, niscaya kita akan dikenan oleh-Nya, dan kalau Allah sudah berkenan atas kita, niscaya; TUHAN pasti akan memberkati dan menuntun kehidupan kita selalu dan sepanjang waktu yang Allah perkenankan bagi kita. Selamat memegahkan, membesarkan dan mengangungkan nama TUHAN sepanjang tahun 2022 ini. Tuhan memberkati. Horas. BWP

wajah web201903

Login Form